Setelah mengetahui bahan-bahan penutup atap, kenali juga bentuk-bentuk atap yang banyak digunakan di Indonesia berikut ini.

  1. Atap pelana Pelana adalah atap yang paling aman karena hanya memiliki 1 sambungan di bagian atas yang biasa disebut bubungan. “Atap ini yang paling cocok di Indonesia, karena menyediakan ruang bawah atap untuk isolasi panas di saat cuaca cerah. Kemiringan yang cukup–30° atau lebih–dapat mengalirkan air hujan sesegera mungkin dari bidang atap,” jelas Yenny.
  2. Atap standar Atap ini hanya memiliki 1 bidang kemiringan yang menempel pada tembok vertikal, atau biasa disebut atap tempel. Kebocoran biasa terjadi pada genting paling atas yang menempel dinding.
  3. Atap perisai Atap perisai memiliki 4 sisi bidang terdiri dari 2 atap miring berbentuk trapesium dan 2 sisi bidang segitiga. Dengan jumlah sambungan yang cukup banyak, maka risiko bocor pun lebih besar.
  4. Atap kombinasi Atap ini biasanya merupakan gabungan antara atap perisai dengan pelana yang sangat indah. Namun dengan demikian, jumlah sambungan pada atap lebih banyak dibandingkan yang lain. Risiko bocor pun semakin besar.
  5. Atap datar Atap ini berbentuk datar yang dapat memberikan kesan bentuk kotak dan modern. Biasanya atap ini terbuat dari beton yang dicor. Proses pengecoran harus dilakukan sebaik mungkin agar tidak bocor.

Antisipasi Tiupan Angin

Ketika hujan turun disertai angin kencang, potensi kebocoran pada atap pun semakin meningkat. Karena air bisa masuk melalui celah-celah atap akibat tiupan angin. Untuk mengant sipasinya, hal yang perlu dilakukan ialah mendesain kemiringan atap dengan tepat, jarak reng antar genting harus tersusun rapat dan rapi, dan jika perlu tambahkan pelapis aluminium foil (flashing) pada bagian yang rawan bocor seperti pertemuan antar genting dan dinding.

Untuk tetap mendapatkan kenyamanan didalam rumah ketika sedang terjadi hujan badai dan listrik padam tentunya harus ada sebuah genset. Harga genset yang murah bisa didapatkan melalui Suplier jual genset 500 Kva di Tangerang. Yang memberikan harga diskon serta garansi resmi dan produk dijamin original.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *