Dengan kombinasi kaca cathedral (berwarna/transparan) dan kaca opalescent (berwarna pekat) yang serasi, kaca semakin cantik. Bahkan ketika malam tiba, keindahan kaca opalesecent pun tetap terlihat. Selain Indah, Banyak Fungsi Penggunaan kaca patri pada sebuah hunian atau bangunan tidak hanya berfungsi sebagai elemen penghias, tapi juga dapat memberikan manfaat lain bagi penghuni rumah. Manfaat yang kental terasa adalah memberikan efek cahaya menari ke dalam ruang berkat cacat/noda yang terdapat di dalam kaca.

Tidak hanya itu, inovasi sistem triplon glass atau triple glazed unit yang diperkenalkan Brian memberikan manfaat lain pada kaca patri. Triplon glass adalah sistem pelapisan panel kaca patri dengan kaca tempered, yang masing-masing ketebalannya 5mm. Fungsinya untuk menghindari kaca dari debu dan oksidasi serta sebagai perisai yang dapat mereduksi bising dan udara panas sehingga menghemat penggunaan energi.

Nilai seni dengan pesona keindahan yang memikat membuat kaca ini memiliki standar harga tersendiri, yang cukup tinggi dibanding jenis kaca lainnya. Bukan hanya itu, proses pengerjaan yang rumit dengan banyak penggunaan tangan menjadi salah satu faktor mengapa harga kaca ini cukup tinggi di pasaran. Tapi, untuk sebuah karya seni dan potret keindahan yang abadi, materi bukanlah tandingannya.

Tahapan Pengerjaan Kaca Patri

Pertama, menggunakan mesin agar pola stained glass dipotong yang diinginkan dapat terbentuk. Untuk produksi dalam jumlah banyak, (untuk ekspor), dapat memotong dengan menggunakan jig agar ukuran setiap keping kaca menjadi sangat presisi.

Kaca-kaca sudah terbentuk kemudian stained glass yang disusun sesuai pola gambar yang sudah tersedia, kemudian dirangkai dengan material perekat.

Karena memiliki ukuran-ukuran yang berbeda, material rangka penyambung kaca patri dipotong sesuai dengan ukuran kaca.

Material seng atau timah di- coating dengan cairan penghitam agar tampilannya terkesan elegan. Cairan ini disebut “black pattina”.

Di ruangan, kaca patri yang sudah melalui tahap pembersihan dan pengeringan kemudian dilapisi 2 kaca tempered di sisi-sisnya. Setelah itu, dimasukkan ke dalam mesin agar merekat secara sempurna.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *