Dari rumah ibadah hingga hunian modern, kaca ini tetap terpatri indah meski zaman berubah. Makin banyak noda atau cacatnya, makin indah terlihat,” ucap Brian Yaputra, pemilik Eztu Glass Art, menggambarkan stained glass yang merupakan material utama penyusun kaca patri. Kaca patri adalah sebuah kaca yang sengaja dibuat cacat atau bernoda sehingga menimbulkan suatu tekstur tertentu.

Semakin banyak teksturnya, makin terlihat cantik dibuatnya. Jadi tidak heran kalau kalimat tersebut tercetus untuk menggambarkan keanggunan kaca patri. Ya, karena keindahan yang terbias dari stained glass ini memang tidak pernah termakan oleh zaman. Bayangkan saja, ia sudah menjadi pengisi interior dan eksterior bangunan sejak abad ke- 11 Masehi.

Kala itu, kaca patri merupakan elemen interior yang selalu digunakan di rumah ibadah, karena nuansa yang tercipta dari biasan cahaya dapat menyajikan suasana khidmat, tenang, dan damai bagi umatnya. Perkembangan selanjutnya, kaca patri diaplikasikan di istana para raja untuk menghias istana megah mereka. Sinar matahari yang menembus kaca membuat cahaya menari-nari di dalam kaca sehingga kaca ini juga dikenal dengan sebutan the dancing light.

Setelah era Industri dimulai di Eropa (kurang lebih 600 tahun lalu) seni kaca patri mulai dipakai di bangunan publik hingga rumah pribadi. Keindahan seni dari kreasi tangan manusia ini tidak lagi hanya untuk mempercantik tampilan ruang, kehadirannya juga sebagai simbol sebuah karya seni bernilai tinggi yang diturunkan secara turun-temurun. Pengisi Interior Maupun Eksterior Rumah-rumah modern saat ini banyak mengaplikasikan kaca patri pada bagian pintu utama, jendela, ruang tamu, partisi, kamar mandi, bahkan plafon dan kubah (stained glass dome).

Tidak hanya sebagai elemen interior, eksterior rumah pun dapat dihiasi oleh indahnya kaca patri. Untuk bagian eksterior, letakkan aplikasi kaca patri menghadap arah barat atau timur, sehingga ketika sinar matahari menembus kaca, cahaya yang menari-nari di dalam kaca akan kental terlihat. Lain halnya untuk interior rumah. Brian menyarankan untuk meletakkan kaca patri di bawah pantulan cahaya lampu. Tekstur dan warna dalam kaca akan semakin terlihat ketika cahaya masuk dan menembus kaca.

Berikut ini adalah rekomendasi mengenai harga genset muah di Bandung “ https://rajawalindo.com/products/jual-genset-perkins-bandung/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *