SSD Vector 150 240 GB merupakan pro duk SSD (Solid State Drive) dari OCZyang dirilis sejak mereka diakuisisi tahun lalu oleh Toshiba karena masalah kebangkrutan. Meskipun telah berganti pemilik dan berubah nama menjadi OCZ Storage Soluitions, dampak langsung yang dirasakan konsumen pada serangkaian produk OCZ seperti tidak signifikan alias “business as usual”.

Seperti produk Vector sebelumnya, OCZ tetap mempertahankan faktorfaktor premium untuk SSD flagship mereka tersebut. Sebut saja seperti, casing dari metal yang memberikan kesan kokoh dan berkualitas (premium build quality) pada produk, garansi produk panjang (5 tahun), dan paket software gratis (Acronis True Image HD tool). OCZ juga menyertakan bracket 3.5 inci pada paket produknya agar pengguna lebih mudah memasang SSD form factor 2.5 inci tersebut pada salah satu bay 3.5 inci dalam casing PC.

Hasil benchmark CHIP terhadap Vector 150 memperlihatkan perfomanya (transfer rate) yang relatif standar pada pro ses read/write (maksimum hingga 450 MB/ detik). Perlu diketahui, CHIP melakukan proses synthetic benchmark (ATTO, CrysDiskMark, dan PCMark Storage Test) pada platform AMD (board ber-chipset 990FX). Jadi, performanya tentu akan berbeda jika dilakukan pada plat form lain, misalnya pada board Intel Z87/Z97 dengan controller SATA yang berbeda.

Adapun hasil pengujian copy folder 1 GB (berisi beragam file) terlihat Vector 150 (secondary storage) hanya memerlukan waktu rata 5.5 detik atau lebih baik 1.5 detik daripada jika di-copy ke SSD Kingston HyperX (primary). Kolaborasi awal antara flash memory Toshiba 19 nm dengan controller IndiLinx Barefoot 3 diharapkan akan lebih baik de ngan hadirnya update firmware-nya. Faktor penting yang sering diabaikan pembeli SSD adalah keawetan SSD.

Garansi 5 tahun (atau 50 GB/hari host write) dari OCZ cukup menunjukkan rating-nya yang di atas rata-rata SSD kelas consumer. Bandingkan dengan SSD populer Samsung 840 Pro dengan rating berkisar 40 GB/hari. Kuncinya ada pada penerapan 7% hidden area yang digunakan sebagai spare area.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *